Sunday, June 30, 2013

My 2nd Anniversary


“I never promised you a happy ending..
you never said you wouldn’t make me cry”
Autumn goodbye- Britney Spears


Di momen 2 tahun anniversary saya dengan sekelompok manusia luar biasa yang dengan innocent sepakat menamakan dirinya “Rangers” dan dikenal di antara client sebagai “Klix Digital”, saya akhirnya memberanikan diri menulis tentang Klix-lagi. 1 tahun lalu, di anniversary kami yang pertama, tulisan saya ternyata menginspirasi beberapa orang. Maaf, bukan tulisan saya, tapi kejatuh cintaan saya pada Klix, menginspirasi beberapa orang.



Dan hari ini temanya masih sama, saya masih sangat jatuh cinta pada Klix.


Tapi ini bukan tentang saya.


Ini tentang satu dimensi waktu, yang sudah mengambil banyak hal, pergi. Ini tentang satu dimensi rasa, yang saking kompleksnya tidak bisa diwakili kata-kata. Ini tentang satu dimensi dimana hal-hal diambil, dan hal lainnya diberi kaki, untuk lari.


Tapi bersamanya, saya dibawa berpetualang.
Saya -somehow- berkembang.


Di Klix saya belajar, bahwa lebih dari pekerjaan yang kami lakukan, kami berbagi passion dan pelajaran. Semua kanak-kanak yang terkagum-kagum melihat dunia, dan bersama-sama kami belajar mewarnai, menggunting, membentuk dan menemukan hal baru. Bersama mereka, saya menemukan keluarga, yang menerbangkan definisi saya tentang pekerjaan dan mengantarkan saya pada seluruh jiwa yang terasa cukup dan ingin bertahan lebih dari apapun yang saya bisa.


Saat itu, saya ingin menerbangkan Klix setinggi apapun yang saya mampu.




Lupakan dulu tentang hari ini, mari kita lempar semua pada memori yang melabrak saya dalam diam. Memori yang masih dengan bangga, saya simpan, teman.


Beberapa dari kita –sebagian besar, datang dengan modal pengetahuan nol besar di bidang ini. di agency lain, mungkin dipanggil interview pun tidak. Siapa yang selalu percaya kita bisa? Ya, Mereka. 2 guardian kita, yang memutuskan percaya. 2 guardian kesayangan kita. Banyak diantara kanak-kanak yang mereka rekrut, berubah jadi orang-orang terbaik di bidangnya. Beberapa dari kita, merasa menemukan jiwa dan telpon recruitment dari agensi lain tak pernah berhenti? Ya kan? :) Semua bermula dari sana, dari hati kecil mereka, yang tak perbah berhenti percaya kita.


Kita berkembang bersama. Tak ada yang pernah merasa jadi guru, semuanya melebur sebagai murid dalam kenaifan dan semangat penuh untuk maju. Dari ke-nol besar-an itu kita justru punya hati seluas Times Square untuk diisi ide dan pengetahuan. Energi anak-anak yang merasa bodoh- ternyata sudah menggagas kita melesat jauh dari garis start. Dalam waktu singkat, kita memenangkan banyak hal.


Well ya, Summer Festival that brought us to be The Best Indonesian Digital Agency for the biggest world wide company, was hilarious- I must say. Di tahun pertama kebersamaan kita, Klix jadi The Best Digital Agency versi mereka. Bersama-sama kita juga melahirkan situs perbankan terbesar se-Indonesia, memenangkan beberapa pitching bergengsi, melahirkan satu per satu produk terobosan digital yang bernilai buat orang banyak. Bersama kita melewatkan tahun penuh prestasi, dan memori.

Ulang tahun Mbak Adit waktu kita dengan gila membuat video spesial dan hashtag berantai? Atau tahun selanjutnya waktu kita hack website sendiri dan membiarkannya berteriak histeris –entah dimana? Ulang tahun Mas Mu’min waktu slogan-slogan pemilihan Lurah ditembakkan ke dinding dan kita berjoget dangdut sambil pesta mendoan? It happened, can’t believe it.


Apa bahan bakarnya teman?


Energi kita terbentuk dari, persahabatan. Yang membuat kita jadi team yang solid dan pantang pulang sebelum selesai. Yeah, accountnya nggak pulang kan kalau creativenya lembur? :) Persahabatan, membuat satu orang menjadi dorongan yang lain.



Sampai, satu saat..


beberapa diantara kita beranjak besar, dan memutuskan lulus lebih cepat. Meninggalkan gunting yang sama, kertas warna-warni yang berserakan.


Saya pikir saya bisa tetap memegang mimpi itu, sampai saya sadar, energi itu habis terkikis waktu. Kesempatan untuk berbagi kenaifan, hilang di perjalanan yang sudah terlanjur saya beli tiketnya.


Saya tidak lagi dikelilingi anak-anak kecil naif yang ingin belajar. Saya kehabisan energi untuk mempertahankan kepolosan dan keingintahuan. saya, ditinggalkan, dalam memori dan mimpi yang susah payah saya biarkan hidup dari jam 9 pagi sampai 6 sore.

...



Saat itu, saya putuskan jadi anak bodoh lagi.


Dari Account saya menyebrang ke Strategist. Keputusan yang untuk beberapa orang, dianggap bodoh & salah, tapi buat saya, sudah memberi makan jiwa lebih dari semua hal yang saya minta. Lagi, 2 guardian saya mengizinkannya terjadi.


Saya selalu ingin jadi yang terbaik.


Tapi lebih dari apapun, saya tidak pernah ingin menjadi orang lain. Saya sudah dikelilingi sahabat-sahabat yang percaya saya, saya tidak pernah ingin membenamkan mereka demi kepala saya tegak mendongak. Saat saya diam, saya pastikan itu karena keinginan saya. dan saat saya bersuara, itulah yang saya percaya. Saya tahu, banyak yang salah paham tentang saya. Biarlah mereka percaya apa yang ingin mereka percaya. My heart made a call, I don’t know if they want/can to hear it or not :)


Saya membawa satu hati lebih kaya saat saya pergi dari Klix, kelak.


Saya sudah bertemu sahabat-sahabat yang akan saya sayangi seumur hidup, kalian tahu itu. Saya lakukan apa saja untuk membanggakan kalian. Saya rasa sudah mengantongi saat terbaik yang bisa dibawa seseorang yang sebodoh saya.


Lagi, saya dedikasikan tulisan ini untuk semua hal yang sudah Klix lakukan untuk hidup saya di 2 tahun terakhir. Semua keberanian dan kepercayaan diri yang lahir karena perjalanan itu. Semua ilmu dan rasa memiliki yang tak akan pernah lagi bisa diambil dari otak dan hati saya. kalian sudah hidup di dalam sini, bersama dengan semua kenangan, indah, yang tak akan pernah terjadi kalau dulu, saya memutuskan hinggap di rumah lain.





Dear Rangers, 
Sayangnya,
Kita hanya meminjam waktu
Untuk sekedar sempat berkenalan, dan tumbuh besar dalam kesamaan rasa
Kita hanya pengisi warna warni cerita, yang punya halaman akhir untuk ditamatkan bersama
Kita pada akhirnya, melesat ke arah berbeda dan menamatkan cerita dengan berbeda.
Saya bangga bisa menjadi bagian dari cerita ini.


Sebagian dari kita harus menyadari kalau keretanya sudah berhenti lama. Ia kehilangan tempat dan harus turun segera. Sebagian lainnya harus menyadari kalau tiketnya anti refund dan memutuskan bergelantungan, dengan energi selama mungkin, untuk bertahan. Sebagian lainnya merasa bukan keduanya, karena ia bahkan tak ada di kereta itu. Mari belikan ia tiket baru untuk berpetualang, mengulang.





1 July 2011- 1 July 2013.
Happy 2nd Anniversary with Klix, Djatya.
proud of yourself, you did all your best.



I love you, Rangers.


Nggak perlu nunggu resign untuk bilang itu. Saya tak punya ruangan lagi untuk melhat sekeliling dan merasa sesak. Air mata saya habis tahun lalu, saat kalian, team terbaik yang saya bisa hadirkan di mimpi, satu per satu, pergi.


Dan ya, sekarang saya tersenyum, sambil meminta kalian memikirkan.. kita pernah disana.





PS : yes we DID won The BEST DIGITAL CAMPAIGN 2013 at Bubu Award. I even checked directly to the one who actually holding the judge’s file. WE WON. KLIX Digital won for the best idea, the most creative & excellent execution, with most effective result. Unless you were not there when we struggling made all of those things happened, you may celebrate it guys !!
 
“memories can fade

but my heart has a place for the smile on your face

and maybe someday

we can be more than friends

love will find us again”

Autumn Goodbye- Britney Spears

listen here :   
http://www.youtube.com/watch?v=JWx87aQRMyc





Love, 
Tya

No comments:

Post a Comment

feel free to feedback :)